Buku Tentang Marketing dan Business Development

Halo pembaca, bagaimana kabar Anda? Semoga selalu dalam keadaan yang sehat ya.

Alhamdulillah setelah penantian yang panjang setelah wisuda, pada bulan Maret ini saya mendapatkan pekerjaan pertama. Insya Allah saya akan menjadi peserta Management Trainee di sebuah Badan Usaha Milik Negara. Sepengetahuan saya dari interview terakhir, calon pegawai dengan background teknik industri atau manajemen akan ditempatkan di bagian marketing and business development. Tanggal mulai kontrak pekerjaan belum ditentukan karena konon katanya masih menunggu keputusan direksi.

Selama masa menunggu ini, hari-hari saya masih seperti hari-hari sebelumnya. Sebagian besar dihabiskan di rumah. Beberapa kali saya main sama teman keluar, tapi tidak terlalu sering juga. Ingin liburan tapi ongkos belum mendukung. Supaya hari-hari di rumah lebih bermanfaat, saya membeli buku-buku yang berkaitan dengan bidang marketing dan business development. Maksudnya sih supaya nambah-nambah wawasan dan pengetahuan sebelum kerja nanti.

Buku marketing yang sedang saya baca adalah:

re_buku_picture_87790
Sumber gambar: http://www.gramediapustakautama.com

WOW Marketing karya Hermawan Kartajaya dan Iwan Setiawan. Buku yang ditulis oleh pakar marketing dari Markplus Inc. berisi tentang apa yang perlu diketahui dan dilakukan oleh pemasar untuk memberikan value yang “WOW”, yaitu value yang luar biasa bagi konsumennya. Dengan menerapkan “WOW” marketing ini suatu bisnis diharapkan dapat unggul dalam persaingan bisnis di era modern ini.

Sementara buku tentang business development yang sedang saya baca adalah:

5f4e21bf69100b48b59e3a427413f170
Sumber gambar: gramediaonline.com

Blue Ocean Strategy karya W. Chan Kim dan Renee Mauborgne. Buku ini menjelaskan kerangka kerja baru dalam strategi bisnis yaitu strategi samudra biru. Strategi ini berfokus pada penciptaan ruang pasar baru dimana persaingan dapat dikatakan hampir tidak ada sama sekali. Dengan menerapkan strategi tersebut, persaingan akan cenderung lebih tenang dan stabil sehingga dianalogikan sebagai samudera yang berwarna biru, berkebalikan dengan kondisi dimana persaingan sangat sengit dan berdarah antar pemain. Kondisi persaingan yang sengit itu dianalogikan sebagai samudera yang merah, penuh dengan darah.

Kedua buku ini belum selesai saya baca. Kalau kedua buku tersebut sudah tamat, mungkin reviewnya akan saya tulis disini.

Okay pembaca, itu dulu yang mau saya share kali ini. Kalau teman-teman pembaca punya buku referensi yang menarik tentang dunia marketing dan business development, boleh banget di share di bagian comment.

Salam,

naratamaevan

11 thoughts on “Buku Tentang Marketing dan Business Development

    1. Di perusahaan telepon git haha. Alhamdulillah thanks ya git. Baru baca awal2 nih git, bukunya lumayan “berat” jd pelan-pelan nih mencernanya hahaha

Leave a Reply

