Pengalaman Membeli Tiket Pesawat Di Traveloka.com

Halo pembaca, kali ini saya ingin berbagi pengalaman memakai layanan pembelian tiket pesawat di traveloka.com. Tadi siang (Sabtu, 7 Februari 2015), saya dan bapak ingin membeli tiket untuk om saya yang mau pulang ke Balikpapan. Awalnya kami hanya ingin melihat jadwal penerbangan dan harga tiket untuk berangkat hari minggu ini lalu pergi ke Margonda/Pondok Indah untuk mencari agen travel untuk membeli tiket. Melihat penawaran untuk membeli tiket secara online, kami berubah pikiran untuk membeli di internet saja. Lagipula di rumah ada printer untuk mencetak tiket online tersebut. Mungkin para pembaca ada yang sudah pernah/sering memakai layanan ini. Namun untuk yang belum pernah, langkah-langkah membeli tiket di traveloka.com seperti ini:

  1. Klik http://www.traveloka.com, lalu pada home screen, cari penerbangan yang diinginkan dengan memasukkan kota asal dan tujuan, waktu penerbangan dan jumlah penumpang.
  2. Setelah memilih, akan ditampilkan beberapa pilihan penerbangan dengan rincian nama maskapai, jadwal, fasilitas, durasi dan harga per orang. Masing-masing rincian bisa disortir berdasarkan preferensi Anda.
  3. Isi data kontak terlebih dahulu. Traveloka.com meminta data nama, nomor telepon dan email Anda, lalu isi data penumpang yang berisi titel (tuan/nona/nyonya), nama penumpang yang harus sama dengan nama pada identitas penumpang (KTP/SIM/Paspor) dan pilihan kapasitas bagasi.
  4. Akan muncul review pemesanan untuk memastikan data yang dimasukkan benar.
  5. Pilih metode pembayaran. Bisa dengan kartu kredit atau transfer. Bila membayar dengan kartu kredit, Anda perlu memasukkan nomor kartu kredit, nama pemegang kartu, tanggal berakhir, dan kode kartu kredit.
  6. Tunggu konfirmasi pembayaran dan Anda akan mendapatkan tiket digital Anda dalam format pdf.

Komentar saya:

  • Praktis dan cepat! Dengan layanan traveloka.com, tiket pesawat dapat didapat dengan cepat dimanapun anda terkoneksi internet. Instruksi yang diberikan mudah dimengerti. Data yang perlu diunggah juga tidak banyak, hanya nomor dan alamat kontak, identitas penumpang, bagasi, dan data kartu kredit (untuk pembayaran dengan kartu kredit). Untuk menggunakan layanan ini, kita tidak perlu membuat akun pribadi pada situs tersebut. Jauh lebih mudah dengan situs resmi beberapa maskapai yang sebelumnya mengharuskan kita mendaftar akun pada situs tersebut sebelum mendapatkan tiket. Mendaftarkan akun saja membutuhkan waktu lebih banyak untuk mengunggah data-data kita, itu belum termasuk mengunggah data penumpang yang akan berangkat.
  • Fitur penyortiran pada pilihan penerbangan yang tersedia sangat membantu pembeli tiket. Dengan fitur ini, pembeli bisa memilih penerbangan berdasarkan preferensi harga, merek maskapai dan jadwal dengan jelas dan mudah.
  • Ini yang paling penting: harga yang ditampilkan di situs ini adalah harga yang akan kita bayar. Menampilkan harga total yang akan dibayarkan jelas akan menenangkan pembeli. Sudah termasuk pajak dan biaya lain-lain untuk membeli tiket. Ini sangat bermanfaat bagi orang-orang yang memang hanya ingin menumpang penerbangan saja. Ada maskapai menyisipkan pilihan untuk mengupgrade kursi, membeli makanan, dan kemudahan lain yang dapat dinikmati dengan membayar sejumlah biaya tambahan. Hal tersebut bermanfaat bagi penumpang yang memang menginginkan layanan tersebut, tetapi bisa jadi “jebakan” bagi penumpang yang tidak menginginkan layanan tersebut namun tidak jeli dalam proses pembelian tiket. Tagihan yang harus dibayar akhirnya melambung dari harga yang maskapai iklankan sebelumnya. Dengan membeli di traveloka.com, pembeli tiket yang memang hanya ingin menumpang pesawat tidak akan “terjebak” lagi.

Saya tidak dibayar untuk mempromosikan layanan ini, namun tulisan ini adalah bentuk kepuasan saya pada Traveloka.com. Membeli tiket pesawat menjadi sangat mudah, cepat, dan tidak bertele-tele. Bila saya ingin mendapatkan tiket pesawat dengan mudah, cepat dan tidak bertele-tele rasanya saya tidak akan ragu untuk memakai layanan ini kembali.

naratamaevan

83 thoughts on “Pengalaman Membeli Tiket Pesawat Di Traveloka.com

  1. Terima kasih sudah berbagi, Mas. Saya sendiri belum pernah beli di traveloka. Namun, kalau melihat iklannya yang sering nongol di TV dan Facebook, tampaknya traveloka ini sudah udah untung besar ya hanya dengan menjadi perantara jual beli tiket, hehe.

    Salam kenal.

    1. Salam kenal juga Mas, semoga share dari saya ini berguna. Betul mas, tren masyarakat kini jg sudah memanfaatkan teknologi untuk berbagai jenis transaksi. Nampaknya layanan ini sudah lumayan kuat di pasar.

  2. aku juga paling suka pake traveloka, udah cepet, gampang dan setelah aku banding2in ternyata paling murah sama lapak2 sebelah
    trus kemarin aku sempet ada trouble gara2 kurang transfer 50 perak, kalo di tempat lain biasanya gak terbit itu tiketnya. Tapi ini sama traveloka tetep diterbitin, dan yang kurang disesuaikan. Jadi makin cinta kalo gini 😀

    *bukan iklan* *sekedar tertimoni pribadi*

    1. pas buat yang gak mau repot ya. wah baiknya ya traveloka kayak gitu ga dipermasalahin. thanks udah mampir Mbak Dita 🙂

    2. Hai kak. Tanya dong kalau misalnya kita transfer lewat atm bersama. Kita perlu konfirmasi apa e tiket nya langsung masuk ke email tanpa konfirmasi ? Tromakasih 🙂

    3. Boleh tanya mbk,, masalah tempat duduk dipesawat gimana, kalau kita pesan untuk 2 orng. Apakah nanti duduk di pesawatnya bisa berdekatan , sebelahan

  3. mas, saya masih bingung soal perlu atau tidaknya print pdf tiket (yang didapat via email).. baiknya apakah kita print saja atau cukup dengan memperlihatkan e-tiket dari handphone?

    1. Saya kurang tau boleh atau tidak kalo cuma nunjukin e ticketnya. Tapi menurut saya supaya lebih aman, lebih baik print saja. Trims sdh berkunjung 🙂

  4. mas Evan dan yg lainnya,
    Apakah pernah beli tiket banyak atau dengan nominal diatas 10 juta? Saya agak khawatir dengan prosesnya. Maklum uang segitu buat saya susah banget dapetinnya…

    1. Mas Nino, memang aga was2 ya transaksi online dengan nominal yang besar. Saya sendiri belum pernah melakukan transaksi online sebanyak itu. Tapi menurut saya transaksi di traveloka itu aman mas. Semua udah diproses system dan sesaat setelah kita bayar, e-ticket langsung dikirim dan siap terbang. Tiketnya asli kok bukan abal2 hehehe. Semoga membantu.

  5. Traveloka memang memuaskan, sudah beberapa kali saya memanfaatkan aplikasi tersbt, krna saya kerja dibalikpapan dan tinggal dilampung. Dan Tiap 2bln sekali pulang.. kalau sudah boking tiket tidak perlu diprint. Cukup tunjukan saja kpd petugas no etiket kita.. pernah pengalaman refund karna maskapai yg saya pesan jadwal penerbangan nya dimajukan lebih cepat. Dan akhir nya saya cancel penerbangan nya via email ke traveloka.. alhamdulillah tidak butuh waktu sebulan uang sudah kembali ( malah masa 7hari kerja). Oia satu lagi skrng traveloka tiket yg kita bayarkan sudah termasuk airportex jd tidak perlu bayar apapun kecuali kelebihan bagasi. SUKSES BUAT TRAVELOKA

    1. Bagi yang sering bolak balik naik pesawat kayak Mas Dani membantu banget ya.. Semoga traveloka tetap memberikan pelayanan yang prima dalam menyediakan tiket pesawat/voucher hotel. Terima kasi sudah mampir disini Mas, salam kenal 🙂

  6. tanya donk mas, ntar kita kan dapat e tiket, tiket asli kpn kita dapatkan? apakah kitah hrus menukarkan e tiket saat akan terbang atau gmn??

  7. mba saya kan rencana mwbelikan mertua saya tiket ke balikpapan via traveloka, nah kan dya ga pakai hp bagus berarti harus cetak ya ? apa tiket dr traveloka bisa dicetak juga?

    1. Setau saya Traveloka belum support untuk pesan ojek Jack. Kalo mau pesan ojek bisa coba aplikasi GO-JEK atau GRAB BIKE. Trims udah mampir Jack 🙂

  8. kak e ticket itu kalo mau di print, bisa di print pake kertas biasa apa kertas khusus gitu kayak buat nonton konser?

    1. Mau nanya biasax kan sya memang memesan di traveloka…nah sekarang masalahx org tua sya dibanjarmasin..sya dimalang…kalo ortu sya minta pesankan tiket ke sya dri banjarmasin -malang..gimana ya apkah e,ticket,y bisa ditunjukkan dgn screenshot dan bukti pembayaran

  9. Salam kenal bwat teman2 fi atas
    Pd dasarnya kmi stuju dg pendapat teman2 ,krn via online lbh mudah praktis simpel
    Skedar info jg buat altelnatif misal swaktu2 anda butuh tiket pesawat tp sikon tdk mendukung utk beli di traveloka entah krn lgi di kampung/di tempat yg tdk bisa akses internet
    Utk itu anda bisa pke alternatif dg cara pesan di kmi cukup lwt sms,telp,bbm,fb,dll
    Insyaalloh amanah+DI JAMIN HARGA ORIGINAL+DISKON
    Tdk ada salahnya jg anda bandingkan dulu dg hrg tiket traveloka
    Walau kami Travel kaki 5 tp insyaalloh Layanan bintang 5

    Info lengkap hub.
    Nung Cell Travel
    https://m.facebook.com/profile.php?id=257307217765135

    Alamat :
    JL.Tenggumung Wetan Gg.Duren No.14
    Rt/Rw : 03/16
    Kel : Wonokusumo
    Kec : Semampir
    Kota : Surabaya
    Kode Pos : 60154
    Provinsi : Jawa Timur
    Negara : Indonesia

    Call Center 24 Jam
    ( Telp/Sms )
    simPATI : 0812-1741-8141
    XL : 0819-3856-3910
    Pin BB : 752df006
    Dengan senang hati kami melayani pertanyaan dari anda

    Bank Transfer BCA
    No.Rek : 1900177590
    A/n : ACHMAD SINWANI MA
    Jam Transfer 06:00 sampai 21:00

  10. maaf saya mau nanyak, kan saya mau pesan tiket jakarta ke jayapura, tp ktp saya hilang apa masih bisa ya pesan tiket di traveloka.
    mohon bantuan maklum masih awam.

    1. Insya Allah aman. Lebih baik pesan jauh2 hari daripada menunggu jarak dekat yg harga tiket 1jutaan/org. Saya memesankan tiket untuk ibu saya murah dalam 1 perjalanan, alhamdulillah 500 ribuan harganya.

  11. Selamat siang. Sya mw bertnya. Saya ingin memesan tiket jayapura – ambon. Transit sorong. Yg mw dtanyakan apakah bisa 1user memesan 2tiket sekligus?? Shg nnt pd saat pembyrnny itu ttl dri hrg 2tiket tsb.

    Mhn d respon, tks

  12. Apakah pemesan / pembeli tiket harus Namanya ikut dalam penerbangan itu..? Karena saya mo membelikan tiket anak dan istri saya. Maklum belum pernah beli tiket via traveloka

  13. Halo saya sudah beli tiket di traveloka untuk penerbangan agustus nanti .. Jika saya cekin sekarang apa bisa atau sebaiknya nanti pas mau pergi ya ?

  14. trims infonya mas, moga2 nanti saat pesen tiket mudik bisa lancar jaya. Soalnya baru mau nyoba pertamakali di traveling. Met lebaran Mas sukses selalu ☺

      1. Mau tanya dong..
        Untuk usia dibawah 17tahun kan blm memiliki KTP
        Lalu bagaimana bila ingin membeli tiket pesawat di traveloka?

  15. Mau tanya dong..
    Kalo mau beli tiket di traveloka utk usia dibawah 17 tahun bagaimana ya? (kan blm memiliki ktp)
    Trimakasih

  16. jam 10:15 malam ini saya mesan tiket traveloka untuk saudara saya jakarta-medan untuk 8 orang. dgn jlh pembayaran diatas 10 jt via Atm setelah mau bayar transfer ternyata transfer tidak boleh diatas 5 juta rupiah.. bagaimana solusinya yah?.. terimakasih

  17. maaf saya mw tanya, saya baru sj membeli tiket jurusan singapura – nanchang (china) utk penerbangan tgl 31 agustus 2016 via traveloka, nah kan saya sdh dikasih e-tiket nya lewat email, trus saya print deh krna takutnya hp saya lobet nnti di bandara. trus yg jd pertanyaan saya, itu e-tiket nya saya tunjukkin lgsg ke counter china southern airlines pas cek in kah mas? atau nyari dulu counter maskapai china southern airlines baru kita kasih tw.nomor.booking trus dia print kan tiket lgsg dr maskapai nya? saya bingung coz ini pertama kali nya beli pke traveloka. makasih mas mohon di jawab yaa…

  18. Untuk cek in pilih kursi sekrg juga sudah bisa lewat internet saat tiba d bndra tinggal cetak tiket, masuk saja di web pesawat yg kita pilih nanti ada web cek in , lgsg tulis kode booking yg plg bawah klik nanti ada pilihan kursi

  19. Mas mau tanya dong kalo misalnya data pemesan sama data penumpang beda gimana ? Saya memesan untuk bapak saya dan data pemesan atas nama dan email saya sedang data penumpang atas nama bapak saya itu sudah benar atau salah ? Ditunggu jawabannya 🙂

  20. mau nanya.. ktp ku udah mati.. trus mau pulang bwt ngurus lagi.. masalahnya aku pulang harus pake pesawat.. sedangkan ktp ku udah mati.. trus pake apa dong??

Leave a Reply

