semester lima, sebuah titik balik.

semester baru telah datang.

saya akan menjalani semester kelima dalam kehidupan perkuliahan di ITB. tadi siang baru saja melakukan proses perwalian (daftar ulang) untuk melanjutkan kuliah di semester lima. semester ini saya mendaftar 20 sks dengan tujuh mata kuliah. paket untuk semester ini hanya 17 sks. awalnya agak bingung untuk memilih mata kuliah tambahan sampai akhirnya saya memilih mata kuliah intelijen pasar dengan beban tiga sks sehingga beban sks yang diambil genap menjadi 20 sks.

pada saat melihat rencana studi dan sejarah studi saya, agak miris rasanya. kuliah saya tertinggal dari teman-teman saya. untuk mengejar yang ketinggalan itu pun tidak bisa dilakukan di semester ini. IP saya tak cukup untuk mengambil sks lebih dari 20. di saat teman-teman mengambil banyak sks, saya hanya bisa mengambil sks sedikit karena IP saya juga sedikit… ya, itu akibat keteledoran saya selama dua tahun kuliah di ITB ini. terlalu banyak bolos, melakukan hal sia-sia, kalau kata teman-teman saya terlalu sering golar-goler.

tak ada gunanya untuk menyesal, meratapi noda hitam yang tertoreh di masa lalu. semester lima ini adalah kesempatan untuk membalikkan keadaan. ini adalah langkah saya untuk menanjak. dengar cerita dari senior saya, semester lima ini kesempatan untuk meraih indeks prestasi yang gemilang. kata mereka kuliah-kuliahnya banyak menggunakan analisis dan “ngems”, tinggal bersilat pena. tapi yang pasti, kesungguhan usaha dan doa harus ditingkatkan.

bismillah, semoga kuliah semester ini (dan semester-semester berikutnya) lancar.

NO MORE DUA KOMA, HARUS TIGA KOMA, BAHKAN EMPAT

amiin.

Leave a Reply

